Minggu, 03 Juni 2012

CARA SHARING FOLDER DI WINDOWS 7

Sebenarnya sudah saya bahas di postingan yang lalu tentang tema ini, namun beberapa masih bingung dan belum paham, memang agak sedikit rumit sih untuk melakukan sharing folder di windows 7. Makanya kali ini akan saya bahas ulang secara lebih detail dan sabar mengenai bagaimana cara langkah-langkah melakukan sharing folder di Windows 7.
Langkah awal adalah melakukan setelan konfigurasi terhadap sistemNetwork and Sharing pada Windows 7, Caranya klik Start - Control Panel seperti pada gambar di bawah ini :
Setelah masuk ke dalam Control Panel, Pilih dan Klik " Network and Internet "
Kemudian, di dalam Network and Internet, anda pilih " Network and Sharing Center " seperti pada gambar di bawah ini :
Kemudian, akan masuk ke dalam Network and Sharing Center, anda Cari lalu Klik " Change Advance Sharing Setting " persis seperti gambar di bawah ini :
Yups, saatnya melalukan setelan konfigurasi Sharing Folder pada Windows 7, seperti pada gambar tepat di bawah, perhatikan !
Kedua gambar di atas adalah menunjukkan settingan atau konfigurasi network and sharing secara default. Perhatikan pada gambar yang ditandai kotak warna ungu ! adalah :
1.    Network Discovery ( posisi Turn Off ) yang artinya masih dalam kondisi Mati atau tidak Aktif
2.    File and Printer Sharing ( posisi Turn Off ) yang artinya masih dalam kondisi Mati atau tidak Aktif
3.    Password Protected Sharing ( posisi Turn On ) artinya dalam kondisi Aktif
Nah agar kita bisa melakukan sharing folder ke dalam sebuah jaringan, maka rubahnya ketiga konfigurasi di atas menjadi ! seperti pada gambar di bawah ini :

Aktifkan Network Discovery dan File and Printer Sharing, Lalu yang paling penting adalah Me-Non-Aktifkan fasilitas Password Protected Sharing agar jika folder sharing kita di akses oleh komputer lain di dalam sebuah jaringan, tidak memerlukan atau tidak meminta autentifikasi user dan password. Ini sering dianggap error atau sebuah kegagalan sistem sharing, padahal masalahnya adalah simple, karena fasilitas protec password pada windows 7 masih dalam kondisi aktif.
Terakhir, klik Save Change untuk menyimpan semua konfigurasi pada Network and Sharing Center
Untuk bagaimana cara menjadikan folder menjadi share ? akan saya bahas di postingan lanjutan. Intinya pembahasan kali ini adalah tentang Cara meng-Konfigurasi Awal Sytem Network and Sharing di Windows 7 untuk melakukan Sharing Folder di Windows 7.


.
Semoga bermanfaat jika ada kesalahan saya mohon koreksi dan maaf. Sekian dan Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar